3 Cara Mudah Membuat Percakapan “Conversation” Bahasa Inggris

Membentuk sebuah percakapan yang layak dalam bahasa inggris tentunya sangat penting bagi kita, di samping untuk mengetahui informasi, sekaligus mengenal seseorang dengan baik. Tentu juga untuk mengembangkan skill dalam bahasa inggris.
Ready To Face The Future
Time Class Tutor
05:00 - 06:00 Morning Class Mr. Rama
07:00 - 08:30 Vocabulary Mr. Anton
08:30 - 10:00 Grammar Ms. Linda
13:30 - 15:00 Pronunciation Mr. James
15:30 - 17:00 Speaking Mr. Ahmad
19:30 - 20:30 Night Class Random
Time Activity Place
04:30 - 05:00 Pray Together Camp
06:00 - 06:30 Cleaning Camp
10:00 - 10:30 Extra Class Class
10:30 - 13:30 Take a Rest Room
17:00 - 17:30 Cleaning Camp
18:00 - 18:30 Pray Together Camp
20:30 - 04:00 Take a Rest Camp
Saturday Weekend Wherever
Sunday Weekend Wherever
Kampung Inggris Pare Kampung Inggris Pare
   Sebelum bercakap-kacap dan melakukan sebuah tindakan tentu kita berpikir dan mencoba untuk mempraktikannya terlebih dahulu. Untuk melatih kepekaan terhadap sesuatu itu mungkin membutuhkan proses panjang. Apalagi ketika berbicara tentang suatu hal yang terasa asing bagi diri kita, namun kita ingin cakap di bidang tersebut. Maka apa yang harus kita cari kalau bukan jaringan komunikasi yang baik.

   Tentu bahasa adalah alat komunikasi kita untuk menjalin sebuah interaksi yang baik. Tapi bagaimana dengan seseorang yang hanya mengetahui satu bahasa saja?, hal tersebut menjadi perhatian yang sangat mengkhawatirkan, karena ketika kita mencoba untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda bahasa, tentu akan sangat kerepotan.

   Dewasa ini, sering terjadi sebuah discommunication yang berpengaruh terhadap pemahaman. Begitupun ketika kita dihadapkan dengan percakapan yang membingungkan, yaitu pada bahasa inggris. Tentu kita sangat kewalahan untuk memahami dan mengartikannya. Karena kita tidak terbiasa melakukan percakapan itu menggunakan bahasa inggris.

   Jadi bagaimana kemudian untuk memahami percakapan bahasa berbasis inggris yang baik?, pasti cukup kiranya dengan latihan membuat struktur percakapan bahasa inggris melalui tulisan, menghafal, dan praktik. Tahap tersebut akan mempermudah kelancaran percakapan kita tentunya.

   Pertama, coba dengan sebuah tulisan melalui bahasa inggris, sehingga nantinya akan terbiasa dengan hal tersebut dan mendukung lahirnya percakapan apik. Kedua, ialah menghafal sampai benar-benar sudah diluar kepala. Ketiga, dengan mengaplikasikannya, pastinya akan terasa bahwa kita sudah bisa membuat percakapan bahasa inggris, dan melakukan percakapan dengan orang asing menggunakan bahasa inggris sebagai mediator komunikasinya.

   Dan yang perlu diingat juga ialah tentang bentuknya, jadi dalam sebuah percakapan, khususnya bahasa inggris tentu harus bertahap dari yang rendah dulu, kemudian menengah, dan akhirnya diranah yang tinggi. Hal demikian akan mengalir dengan sendirinya dalam pembuatan percakapan apik dalam bahasa inggris.

   Untuk memulainya, coba buat sebuah percakapan berkategori rendah, seperti perkenalan diri sekaligus dengan pertanyaannya untuk lawan percakapannya.

  Contoh:

Mr. : Excuse me !, I would like to introduce myself to you
Ms. : Oh, please
Mr. : My name is (…….). So, what is your name ?
Ms. : My name is (………)
Mr. : Where are you from ?
Ms. : I’m from (……..). And you ?
Mr. : I’m from (…….)
Ms. : Are you student, or worker ?
Mr. : I am student at (………). How about you ?
Ms. : I am student also at (……)
(………………………………………….)

  Begitulah contoh sederhana untuk memulai percakapan.

   Kalau bentuk pertama sudah dapat tersusun dengan rapi, baru kemudian masuk dalam ranah menengah, pada percakapan ini kamu butuh persiapan matang dalam vocab-vocab bahasa inggris. Karena ditingkatan ini akan dipertemukan dengan percakapan tentang ekonomi, pendidikan, agama, politik dan sebagainya.

  Contoh:

Joko : Excuse me !, may I know your job in this company ?
Siti : Oh, of course. I am a secretary of this company. And you ?
Joko : I’m a politician actually, get in (………) Party.
Siti : that is amazing, and what is your last education ?
Joko : I was graduate of university, specially was in political direction. How about you ?
Siti : same actually, but I was in economic direction.
Joko : Oh yeah, what do you think about economic ?
Siti : In my opinion, economic is (...........). And what do you think about political for you ?
Joko : According to Prof. A, political is (………………..)
Siti : Alright, but as far as I know(………………)
(………………………………………….)

  Demikian contoh pengembangan dari percakapan pertama.

   Dan yang terakhir ialah tingakat tinggi, secara otomatis di percakapan ini kamu sudah bisa memodifikasi bahasa inggris dengan baik, pastinya kamu juga harus mempersiapkan vocab bahasa inggris yang dibutuhkan. Karena di ranah ini akan dihadapkan pada percakapan dalam menganalisis, tindakan, pemikiran dan sebagainya.

  Contoh:

Alfin : Excuse me ser, would you like to explain about (…………)
Abdan : Emm. by my mind, the (…….) is …………). How, can you analyse that’s right ?
Alfin : I think, that is right, but in my opinion (……………..). How ?
Abdan : Oh yeah, I can accept that.
Alfin : so, how about (……..) in this era ?
Abdan : that is good question, according to Mr.(….) (….) is (……..). What do you think?
Alfin : Wah, I got a refrence also, but different, by my refrence is (…………)
Abdan : right, and what are the relations both of them?
Alfin : let me think... oh, the relations are (…………..)
Abdan : that’s right even different mindside but (………….)
(………………………………………….)

  Akhirnya contoh finalnya akan memudahkan anda bercakap-cakap, dengan leluasa menggunakan bahasa inggris yang cukup membuat anda merasa enjoy.

   Jadi semua itu nantinya akan kita dapat rasakan hasilnya, sehingga ketika sudah mengetahui proses, dan bentuk percakapan bahasa inggris, maka tidak akan kerepotan lagi untuk bercakap-cakap dengan orang asing. Dengan bentuk percakapan yang apik maka bahasa inggris anda akan terlihat semakin menarik. Tentu hal demikian dapat memperingan percakapan anda, dan lenyaplah kata kebingungan dan ketidakpahaman itu. Tapi dalam sebuah catatan, ialah jika anda intensif mempraktikannya, entah itu melalui media sosial, orang lokal yang paham bahasa inggris, dan orang asli inggris itu sendiri. Sehingga nanti akan terjadi sebuah percakapan alot dan tentu juga menginspirasi untuk kedepannya.

Subscribe to receive free email updates: