Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka , Lihat Syarat & Ketentuan Berlaku

Pendaftaran SBMPTN 2019 Resmi dibuka
(Image-source : Pixabay)
Info Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Tes UTBK Buka Hari ini
Sudahkah Anda tahu bahwa untuk Pendaftaran SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) telah berlangsung serentak hari ini. Bagi adik – adik pastinya mulai mempersiapkan diri untuk mengikutinya bukan? Berdasarkan jadwal yang telah direncanakan oleh LTMPT ( Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ) bahwa Pendaftaran UTBK gelombang pertama dimulai tanggal 1 Maret 2019, pukul 10.00 WIB dini hari sampai dengan tanggal 24 Maret 2019, Pukul 11.59 WIB. Sedangkan pada gelombang kedua akan mulai dibuka tanggal 25 Maret sampai 1 April mendatang.

Jika dibandingkan dengan SBMPTN tahu lalu, terjadi sejumlah perbedaan aturan, tentu semuanya itu wajib diketahui oleh adik – adik yang berkeinginan untuk melanjutkan studinya ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2019 ini. Dilansir dari laman resmi ltmpt.ac.id, Bahwa adanya beberapa syarat dan ketentuan berlaku bagi setiap peserta ketika mengikuti SBMPTN tahun 2019. Guna untuk mengetahui ulasan lebih lengkapnya, silahkan lihat beberapa uraian dibawah :

1. Penjelasan Seputar UTBK 2019


UTBK ( Ujian Tes Berbasis Komputer ), merupakan pemberian soal - soal ujian melalu sistem komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian SBMPTN, sehingga untuk teknik skoringnya jadi lebih simpel, cepat dan modern. Fungsi dari UTBK SBMPTN secara umum sama yakni memberi kesempatan bagi setiap peserta ujian untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN pilihan, berdasarkan rancangan secara akademik sehingga mampu menguji keberhasilan bagi calon Mahasiswa di semua program studi yang ada. UTBK tahun ini diikuti oleh sejumlah siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 berasal dari tingkat pendidikan SMA/MA/SMK dan sederajat. Termasuk siswa lulusan dengan ujian Paket C tahun 2017, 2018, 2019, juga berkesempatan untuk mengikutinya. Berbeda dengan tahun lalu, dimana ujian diberlakukan dengan menggunakan 2 metode, yakni UTBC ( Ujian Tulis Berbasis Cetak ) & UTBK sendiri. Sedangkan untuk tahun 2019 metode ujian hanya menggunkan UTBK saja.

2. LTMPT Menjadi Penyelenggara UTBK SBMPTN 2019


Syarat wajib masuk SBMPTN 2019, tentunya adik – adik harus memiliki nilai UTBK terlebih dahulu. Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi (LTMPT) akan menjadi badan pelaksana UTBK satu – satunya terstandar di Indonesia. LTMPT akan memberlakukan tes lebih dari satu kali, dimana setiap peserta ujian bisa melaksanakan maksimal dua kali tes, kemudian hasilnya akan diberikan secara individual, kurang lebih 10 hari usai melakukan tes.

Sebelum mengikuti UTBK di LTMPT, diharapkan setiap peserta lebih dulu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 pada setiap kali mengikuti tes. Untuk biaya pendaftarannya sendiri dapat dibayarkan melalui Bank BNI, Bank BTN atau Bank Mandiri. Bagi yang belum melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2019, bisa langsung lihat di laman resmi : https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id/

3. Daya Tampung SBMPTN 2019 Berdasarkan Akreditasi Sekolah


Jumlah kuota SBMPTN pada tiap sekolah dengan tigkat Akreditasi A, B, dan C di tahun 2019 memang terlihat berubah jika dibandingkan dengan tahun 2018 silam. Dimana untuk Sekolah dengan tingkat Akreditasi A mendapat kuota 40 % dari Siswa terbaik, Sedangkan Sekolah dengan Akreditasi B mendapatkan 25 % dan Sekolah Akreditasi C mendapatkan 5 % dari Siswa Terbaik.

4. Jumlah Program Studi & Kuota Penerimaan PTN 2019


Kalau di tahun 2018 adik – adik mempunyai kesempatan untuk memilih 3 jenis program studi, maka untuk SBMPTN tahun 2019, hanya diperbolehkan memilih 2 program studi saja baik berasal dari PTN sama maupun berbeda. Sedangkan untuk kuota di masing – masing PTN juga mengalami perubahan cukup signifikan. Perubahan bisa terlihat jelas jika melihat dari perbandingan daya tampung SNMPTN dan SBMPTN. Untuk SNMPTN & SBMPTN 2018 masing – masing memiliki kuota sama yakni sebanyak 30%. Sedangakan pada tahun 2019 sekarang ini , kuota SNMPTN sebanyak 20 % dan SBMPTN mendapat kuota lebih banyak yakni 40 %. Pada seleksi Mandiri tidak mengalami perubahan yakni tetap berpatok pada kuota 30 % seperti tahun lalu.

Sekilas Panduan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019


Itulah gambaran secara umum tentang persyaratan yang berlaku sebelum Anda mengikuti UTBK, untuk ulasan lebih detailnya bisa simak langsung di laman resmi : sbmptn.ltmpt.ac.id.

Proses ujian pada UTBK SBMPTN tahun 2019, hanya mempunyai 3 kelompok program studi yaitu TKD SAINTEK, SHOSHUM dan Campuran. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi adik – adik yang sedang bersiap diri melakukan UTBK pada SBMPTN tahun ini. Good Luck….!

Info Penting :

Bagi Adik - adik yang ingin datang Ke Kampung Inggris dan berniat Kursus Bahasa Inggris di SeventeenPare, Sekarang bisa daftar Via Sms / WA. Caranya sangat mudah, tinggal ketik = Nama#Alamat#jenis kelamin#paket belajar#periode 10/25 Januari#Tgl kedatangan#No HP
Contoh : Agus Sadewa#Jl. Kusuma Bangsa No. 18 SURABAYA#laki"#CeP#7 Maret#8 Maret#085777761888



Demikin Syarat dan ketentuan di Seventeen Kampung Inggris Pare.

Apabila ada hal yang belum di mengerti silahkan hubungi CS kami : 08123456-2417 / (0354) 3101216 (Office Seventeen)


Silahkan Subscribe Untuk Berlangganan Via Email:

0 Response to "Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka , Lihat Syarat & Ketentuan Berlaku"

Post a Comment