Dampak Pendidikan Kampung Inggris Bagi Kehidupan Masyarakat Pare


Keberadaan Kampung Inggris secara umum mampu menopang kehidupan bagi Masayarkat sekitar mulai dari segi Sosial, Ekonomi, Pendidikan, dan lain sebagainya. Saling menghargai budaya, gotong royong, guyup rukun dan tingginya tingkat toleransi antara Pelajar dengan Masyarakat, mampu memperbaiki kualitas hidup mereka secara lebih baik dan efektif.

Pendidikan adalah suatu hal yang tidak kalah pentingnya untuk kita tempuh, Tentu karena pendidikanlah kita bisa mengetahui hal yang baik dan buruk. Pada dasarnya pendidikan mempunyai tujuan yang membuat masyarakat dapat mengetahui ilmu dan pengetahuan. Dengan adanya ilmu pengetahuan yang mereka dapat, maka tidak takut kiranya untuk menghadapi apapun yang menyangkut individu maupun sosial kehidupan.Terkadang juga pendidikan disamping berpengaruh besar atas kecerdasan bangsa, Namun bisa juga jadi momok ketertekanan karena ambruknya efektifitas pendidikan di daerah tersebut. Pengaruh yang paling kuat adalah sosial masyarakat yang tinggal di area pendidikan itu. Maka dari itu, efektifitas pendidikan kampung inggris bagi masyarakat Pare sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial.

Saat ini pendidikan di Kampung Inggris bisa dikatakan menunjak maju dan cukup membantu kehidupan masyarakat sekitar, disamping tentang ekonominya, juga doktrin belajar bahasa inggris menjadi nilai utama bagi Pemuda Pare. Masyarakat asli Kampung Inggris Pare yang ingin belajar bahasa inggris, Maka digratiskan dan dibimbing layaknya pendidik yang lain. Hal itu dilakukan untuk menopang efektifitas pendidikan di kampung inggris itu sendiri.

Jadi tidak hanya sekadar fokus pada para Pelajar yang datang dari luar daerah Pare, malah masyarakat Pare sendiri menjadi titik fokus utama dalam mengokohkan tingkat pendidikan secara efektif. Lumrahnya ada juga pendidikan umum seperti SD, SMP, SMA, dan universitas. Dengan tidak mengurangi potensi masyarakat Pare tentang keilmuan yang lain, para Pelajar di Pare juga dituntut untuk menggali ilmu-ilmu umum, keagamaan, dan masih banyak lagi.

Hal lain yang dapat kita paparkan ialah tentang Pesera didik yang berdatangan dari luar kota. Mereka juga benar-benar dididik secara keilmuan, karakter, mental, dan tidak kalah pentingnya ialah perilaku. Para pelajar dituntut untuk mengikuti dan mentaati aturan di sosial masyarakat sekitar Pare, seperti budaya, tradisi, etika, dan lain-lain. Efektifitas pendidikan kampung inggris Pare dapat teraplikasikan ketika mereka saling berinteraksi dengan baik. Tidak jarang ketika para pelajar sedang nongkrong di sebuah Warung, mereka mengajak ngobrol dengan penjaga warung menggunakan bahasa inggris, walaupun penjaga warung tidak terlalu paham, Namun para Pelajar Kampung Inggris mencoba secara perlahan untuk memahaminya.

Disatu sisi, efektifitas pendidikan di Kampung Inggris tersebut dapat kita lihat dari cara mereka menyapa tegur satu sama lain, bagi mereka yang tidak mengetahui karakter masyarakat sekitar maka dibimbing secara perlahan oleh tutor, supaya bisa beradaptasi dengan baik ketika sedang tinggal di Kampung Inggris Pare. Untuk menciptakan sosial yang baik tentu mereka harus saling memahami satu sama lain bukan ?. Walaupun Pare terkenal sebagai kawasan pendidikan bahasa inggris, Mereka juga tidak melupakan pendidikan-pendidikan yang lain. Jadi tidak hanya bergelut di dunia bahasa inggris saja, Tapi mereka juga menunjang pendidikan umum.

Jelas kiranya bahwa bahasa inggris hanya sebagai sampingan dari pada pendidikan yang harus ditempuh terlebih dahulu. Masyarakat Muda Kampung Inggris pada umumnya jarang ada yang menganggur, rata-rata mereka menjenjang pendidikan umum. Dan pada saat kosongnya waktu atau hari libur, sembari mereka belajar bahasa inggris. Pada dasarnya efektifitas pendidikan kampung inggris Pare cukup stabil, dan layak kiranya untuk disebut sebagai "Kota Pendidikan".

Segala bentuk aktifitas yang dijalankan di Kampung Inggris tetaplah berpatokan pada pendidikan, hal itulah yang menyokong pada keefektifan pendidikannya. Sehingga sampai saat ini, ikatan pendidikan dan masyarakat sangat melekat kuat. Tidak bisa kita pungkiri bahwa, pendidikan merupakan kunci dimana kampung inggris harus bisa mempertahankan nama kampungnya yang saat ini cukup tenar ditelinga bangsa Indonesia. Jadi segala upaya tetap berjalan untuk menjadi kota pendidikan yang lebih baik, begitupun dapat efektif dalam memperbaiki kehidupan masyarakat di kampung inggris Pare.

Ditulis Oleh :
Rama .S

Silahkan Subscribe Untuk Berlangganan Via Email:

0 Response to "Dampak Pendidikan Kampung Inggris Bagi Kehidupan Masyarakat Pare"

Posting Komentar